Editorial Policies

Focus and Scope

Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Tujuan jurnal ini adalah untuk mempublikasikan naskah-naskah yang ditulis dari hasil kegiatan pengabdian masyarakat. Temuan selama melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat diharapkan ada disetiap naskah yang dikirimkan ke jurnal ini. Naskah yang dikirimkan ke Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, dapat berupa hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada pada bidang: 

    1. Pengembangan pendidikan
    2. Pengembangan dan pemanfaatan IPTEK
    3. Peningkatan Industri Kreatif masyarakat
    4. Pengembangan dan pemanfaatan nilai berkearifan lokal
    5. Pengembangan ekonomi, Kewirausahaan, Koperasi, dan UMKM
    6. Pembangunan sumber daya manusia
    7. Peningkatan kesehatan masyarakat
    8. Peningkatan nilai-nilai Islam
    9. Peningkatan seni dan budaya

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Semua artikel yang diajukan akan diperiksa oleh staff editor terlebih dahulu. Naskah dari penulis akan dilihat tingkat plagiasi dengan menggunakan software Plagiarism Checker. Naskah yang memiliki nilai plagiasi lebih dari 30% akan langsung ditolak dan dikembalikan kepada penulis.

Artikel yang dianggap tidak sesuai dengan kriteria jurnal ini akan ditolak tanpa melakukan proses review eksternal. Artikel yang sesuai dengan kriteria jurnal dan memiliki potensi minat pembaca akan dikirimkan kepada reviewer dengan sistem "Double blind reviewers". Komentar reviewer kemudian dikirim ke penulis untuk tindakan dan tanggapan yang diperlukan. Keputusan yang disarankan reviewer akan dievaluasi dalam rapat dewan editorial. Setelah itu, editor akan mengirimkan keputusan akhir kepada penulis yang sesuai.

Para penulis dipersilakan untuk menyarankan setidaknya tiga reviewer potensial dengan menyertakan nama dan alamat email mereka. Namun, keputusan untuk menentukan reviewer yang tepat adalah hak editor. 

 

Open Access Policy

Kebijakan Open Access

Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat menerbitkan jurnal secara open access, yang berarti bahwa semua artikel yang telah di publikasi secara online dapat di akses secara terbuka oleh semua pengguna. Penggunaan dan distribusi non-komersial dalam media apa pun diizinkan sesuai petunjuk pada Lisensi.

Manfaat akses terbuka untuk penulis, termasuk:

    1. Akses gratis untuk semua pengguna di seluruh dunia.
    2. Penulis mempertahankan hak cipta atas karya mereka.
    3. Peningkatan visibilitas dan pembaca
    4. Publikasi cepat dan tidak ada batasan spasial

Kebijakan Bebas Plagiat

Semua naskah yang dikirimkan ke Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat akan kami lakukan screening plagiasi sebelum kami kirimkan ke Reviewer. Kami memastikan bahwa naskah yang akan dikirim ke Reviewer bebas dari plagiasi (Maksimal 30%). Untuk masalah ini, kami menggunakan software plagiasi seperti: Turnitin dan Plagiarism Checker X berlisensi.

 

Publication Ethics

Berikut ini merupakan ketetapan etika untuk Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Penetapan etika ini merupakan adaptasi dari COPE pada laman COPE Code of Conduct

Editor Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat memiliki komitmen untuk menjamin keterlaksanaan seluruh prosedur manajerial penerbitan untuk mewujudkan proses intelektual yang objektif. Editor dan Mitrabebestari/Reviewer melakukan evaluasi naskah tanpa melihat suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap naskah yang masuk terlebih dahulu akan diperiksa kesesuaian dengan ruang lingkup Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan akan dilakukan pemeriksaan plagiasi.

Tugas Penulis

  1. Bertanggungjawab memastikan orisinalitas dan kebaruan naskah yang diserahkan.
  2. Tidak melakukan produksi ulang hasil karya yang sebelumnya telah dipublikasikan pada jurnal lainnya.
  3. Tidak menyerahkan naskah yang sedang di-review atau diproses oleh Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat ke jurnal lain secara bersamaan.
  4. Hanya diperbolehkan untuk mempublikasikan naskah setelah mendapatkan penolakan secara formal dari Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat atau permintaan pencabutan naskah telah diterima secara resmi oleh Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
  5. Diharuskan untuk menginformasikan Editor atau Pengelola Jurnal bila terdapat kesalahan data pada naskah yang dipublikasikan, sehingga dapat segera dilakukan perbaikan atau pencabutan artikel.
  6. Harus melakukan kontribusi secara signifikan dan dapat dimintai pertanggungjawaban atas kekurangan pada karya yang dihasilkan.

Tugas Mitra bestari/Reviewer

  1. Harus melepaskan segala kepentingan pribadi sebelum menyetujui untuk melakukan review naskah.
  2. Berhak menolak untuk mereview naskah dengan alasan pengetahuan yang tidak memadai atau menghindari konflik kepentingan.
  3. Mereview seluruh naskah dengan objektif, adil, dan profesional.
  4. Mengungkap semua pelanggaran etika yang ditemukan dan dilaporkan kepada Editor untuk ditindaklanjuti.
  5. Harus memastikan orisinalitas naskah dan mewaspadai terhadap tindakan plagiarism dan publikasi yang dilebih-lebihkan.
  6. Tidak diperkenankan mendiskusikan konten naskah tanpa izin.
  7. Patuhi waktu yang dialokasikan untuk proses review. Permintaan perpanjangan untuk meninjau penyerahan adalah atas pertimbangan Editor.

Tugas Editor

  • Secara aktif berkontribusi pada pengembangan dan perbaikan jurnal.
  • Bertindak sebagai duta bagi Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
  • Secara terus-menerus mendukung dan mempublikasikan Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
  • Meninjau semua pekerjaan yang ditugaskan.

Tugas Editor in Chief 

  • Mengevaluasi naskah secara adil dan semata-mata atas kelayakan intelektual.
  • Memastikan kerahasiaan naskah dan tidak mengungkapkan informasi apapun mengenai naskah kepada orang lain selain orang-orang yang terlibat dalam proses publikasi.
  • Memiliki tanggung jawab dalam menentukan artikel dan waktu publikasi.
  • Secara aktif mencari pandangan Editor, Reviewer/Mitrabebestari, dan penulis mengenai bagaimana memperbaiki/meningkatkan citra dan visibilitas jurnal.
  • Memberikan instruksi yang jelas kepada kontributor mengenai proses penyerahan naskah dan apa yang diharapkan dari penulis.
  • Memastikan pemilihan/pendeteksian reviewer/mitrabestari yang tepat untuk proses review.

Pengecekan Plagiarisme

Setiap naskah yang diterbitkan terlebih dahulu dilakukan proses pengecekan plagiarisme menggunakan software Plagiarism Checker X dan iThenticate Plagiarism scan. 

Manajemen Referensi

Artikel yang dikirimkan ke Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat disarankan menggunakan aplikasi Reference Manager seperti Mendeley, Zotero, atau EndNote.

Pembatalan Artikel

Penulis tidak diperkenankan untuk membatalkan atau menarik naskahnya, karena pembatalan naskah berdampak pada terbuang secara sia-sia atas tenaga dan waktu berharga yang telah dicurahkan oleh editor dan reviewer, begitu juga dana yang telah diinvestasikan oleh pengelola.
Penulis yang melakukan double publikasi akan dilaporkan ke website ANJANI dan akan di blacklist dari Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

 

Author Fees

Tidak ada biaya pengiriman naskah di Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, namun setiap artikel yang diterbitkan akan dikenai biaya pemrosesan dan publikasi sebesar Rp. 150.000. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat tidak memberikan artikel dalam bentuk cetak (hardcopy). Penulis dan pembaca dapat mencetak sendiri jika diperlukan. Kami memberikan informasi secara keseluruhan pada setiap terbitan. Penulis dan pembaca dapat mendownload pada menu Full Content.  

 

Indexing

Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat saat ini sudah terindeks dibeberapa database pengindek yaitu: Google Schoolar dan GARUDA